Menulis mengikat pengetahuan, mengabadikan kenangan, membagi kebahagiaan

Wednesday, September 9, 2020

ANDONG LAUT

 


Sebagian dari kita mungkin mengenal andong sebagai moda transportasi berupa kereta tradisional yang ditarik kuda. Lalu, apakah andong laut berarti kereta kuda yang berjalan di laut?. Ternyata andong laut justru tidak ada hubungannya dengan kereta, kuda, bahkan laut itu sendiri. Ia adalah salah satu spesies tanaman berupa perdu dengan penampakan daun yang indah, kecil bergerigi dan mengkilap. Beberapa varietas andong laut dimanfaatkan sebagai tanaman hias.


Andong laut yang nampak dalam foto tulisan ini, adalah jenis yang umum (bukan variegata). Jenis ini sering digunakan sebagai tanaman pagar atau pembatas pekarangan di kampung-kampung. Tanaman ini ternyata dapat juga dimakan (edible) yaitu bagian daun atau pucuknya yang muda. Dikonsumsi dalam bentuk lalapan mentah, rebusan, bisa juga dimasak tumis atau gulai. 

Pemanfaatan andong laut juga digunakan sebagai obat tradisional, meliputi penurun panas, peluruh kencing, juga menghentikan pendarahan. 


Jadi, kalau kebetulan di halaman rumahmu ada tanaman ini, jangan disia-siakan ya. Manfaatkan sebaik-baiknya, paling tidak sebagai sumber serat (sayuran) gratis. Apalagi di saat-saat kita semua harus hemat begini. Rasa daunnya mirip-mirip kenikir tapi lebih renyah. Saya pribadi lebih suka mengonsumsi daun andong laut yang diblansir terlebih dulu, dengan pelengkap sambal terasi, terasa lezat dan segar di mulut. Selamat mencoba. 


#KLIPAPRIL2020

#28_04_2020_08

No comments:

Post a Comment

Catatan Delia

PERANGKAP HEBAT SOMA

Saya sedang berusaha merapikan koleksi buku bacaan anak yang saya bawa dari rumah Bandar Lampung ke rumah Cinta Manis. Tadinya buku-buku i...