Menulis mengikat pengetahuan, mengabadikan kenangan, membagi kebahagiaan

Thursday, October 1, 2020

MAWAR, PESONA SI CANTIK BERDURI


Lihat kebunku penuh dengan bunga

Ada yang putih dan ada yang merah

Setiap hari kusiram semua

Mawar melati semuanya indah


Lagu di atas pasti sangat akrab di telinga orang Indonesia. Lagu anak-anak yang diciptakan oleh Ibu Saridjah Niung atau yang lebih dikenal dengan nama Ibu Soed, biasanya menjadi salah satu lagu yang diajarkan di Taman Kanak-Kanak pada tema tanaman. Bunga mawar dan bunga melati adalah bunga yang umum terdapat di halaman rumah pada masa lalu, adapun sekarang tanaman hias di pekarangan sangat bervariasi baik berupa aneka bunga maupun tanaman-tanaman eksotis. Jika bunga melati dikenal dengan warna putihnya yang indah namun bersahaja, bunga mawar justru dikenal keindahannya dengan warna merah merona. 


Selain warna merah, bunga mawar juga memiliki varian warna lain, yaitu merah jambu, putih, kuning pucat, kuning cerah, oranye bahkan biru, ungu dan hitam. Namun warna merah masih tetap menjadi varian warna yang paling dikenal. Konon bunga mawar merah melambangkan cinta, sehingga bunga ini pun menjadi salah satu bunga potong yang populer.


Mawar (Rosa sp) adalah tanaman semak berduri dengan daun majemuk yang tepinya bergerigi (beringgit), duri-duri pada batang tanaman mawar dapat berfungsi sebagai pengait atau pemanjat sehingga tanaman ini dapat merambat pada tanaman lain atau pada rambatan yang sengaja disediakan. Berbeda dengan duri pada kaktus yang kecil-kecil, duri-duri mawar berukuran besar, berkayu dan kuat. Bunga mawar memiliki kelopak yang bertumpuk-tumpuk, ukuran bunga bervariasi di antara masing-masing spesies.


Selain dibudidayakan sebagai bunga potong dan tanaman hias, mawar juga digunakan sebagai bahan kosmetika. Minyak bunga mawar, air mawar dan parfum mawar adalah beberapa produk yang berbahan dasar bunga ini. Kecantikan bunga mawar banyak diabadikan dalam lukisan-lukisan bunga, salah satu yang terkenal adalah lukisan "Bouquet of Roses" karya pelukis pelukis Perancis Renoir. 


Di antara manfaat bunga mawar yang belum banyak diketahui orang banyak adalah bunga ini termasuk jenis tanaman yang edible (dapat dimakan). Kelopak bunga mawar dapat dimakan langsung, diolah menjadi salad, digoreng tepung, juga dapat dibuat menjadi teh. Konsumsi bunga mawar dapat memberikan efek rileks dan tenang. Nah, rupanya.mawar si bunga cantik berduri tidak hanya sedap dipandang, tapi sedap juga disajikan sebagai hidangan spesial.

No comments:

Post a Comment

Catatan Delia

PERANGKAP HEBAT SOMA

Saya sedang berusaha merapikan koleksi buku bacaan anak yang saya bawa dari rumah Bandar Lampung ke rumah Cinta Manis. Tadinya buku-buku i...