Menulis mengikat pengetahuan, mengabadikan kenangan, membagi kebahagiaan

Friday, October 23, 2020

REVIEW BUKU INDONESIAN DELICACIES

 


Judul buku:

INDONESIAN DELICACIES 

165 popular snacks across the archipelago

Penulis: 
Hayatinufus A.L. Tobing
Cherry Hadibroto

Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama

Cetakan: Pertama

Tahun Terbit: 2015

Tebal : 167 Halaman

Bahasa: Inggris

Sesuai dengan judulnya, buku ini berisi tentang aneka jajanan tradisional khas nusantara. Beraneka kudapan dengan variasi rasa dari gurih, manis, sampai asam pedas dijabarkan semua. Meskipun menggunakan istilah dari jawa yaitu jajan pasar, tetapi jajanan yang dicantumkan di buku ini berasal dari seluruh penjuru nusantara.

Bagian awal buku menceritakan tentang keanekaragaman jajan pasar, jenis-jenisnya bahan-bahan utama yang digunakan dalam resep, sampai dengan aneka peralatan yang digunakan untuk membuatnya. Misalnya, di sini dijabarkan tentang jenis tepung, diantaranya tepung beras, tepung ketan, tapioka dan tepung kacang hijau, lengkap dengan contoh jajanan yang dibuat dari bahan tersebut.
Dijelaskan juga tentang perbedaan antara gula kelapa dan gula aren, penggunaan kelapa dan olahannya juga penggunaan bahan-bahan pelengkap sebagai pewarna, penambah citarasa, hiasan maupun sebagai pembungkus jajanan.
Pada bagian awal ini juga dijelaskan tentang teknik dan peralatan dalam pembuatan jajanan tradisional, mulai dari beraneka cetakan, alat masak sampai teknik membuat bungkusan dari aneka daun. Pada bagian ini penulis menekankan pentingnya persiapan dan praktek(latihan) agar dapat menghasilkan jajanan yang cantik dan lezat.

Selanjutnya, buku ini menampilkan aneka resep yang dibagi berdasarkan bahan dasarnya yaitu:
Beras dan tepung beras
Ketan dan tepung ketan
Singkong dan tepung tapioka
Pisang
Bahan-bahan lain
Kue kering
Minuman hangat dan minuman dingin serta hidangan penutup.


Semua resep mencantumkan bahan, teknik pembuatan yang jelas dan foto-foto yang sangat cantik dan menggugah selera. Pada beberapa jenis jajanan disertai keterangan khusus, terutama jajanan yang memiliki nama berbeda di daerah lain, tetapi pada dasarnya adalah jenis yang sama. Misalnya, Krasikan di Jawa Tengah ternyata bernama Alu Padeh di Sumatra Barat, atau beberapa jajanan yang berbahan sama tapi dengan sentuhan akhir yang berbeda sehingga menghasilkan jenis jajanan berbeda pula.

Menurut penulis, buku ini sangat layak untuk dimiliki, dan dapat dijadikan referensi untuk membuat aneka jajanan khas Indonesia. Dengan sampul hard cover, kertas art paper yang glossy dan lay out yang cantik, buku ini membuat pembaca bisa membayangkan kelezatan aneka jajanan yang menggugah selera.








No comments:

Post a Comment

Catatan Delia

PERANGKAP HEBAT SOMA

Saya sedang berusaha merapikan koleksi buku bacaan anak yang saya bawa dari rumah Bandar Lampung ke rumah Cinta Manis. Tadinya buku-buku i...