Menulis mengikat pengetahuan, mengabadikan kenangan, membagi kebahagiaan

Sunday, October 25, 2020

TOMODACHI FUYASO (SENANGNYA PUNYA BANYAK TEMAN) REVIEW BUKU



Beberapa waktu yang lalu saya membeli sebuah buku cerita anak yang berjudul "Senangnya Punya Banyak Teman". Buku ini menampilkan cover bergambar sebuah pohon besar dengan tajuk penuh bunga warna merah jambu dengan sebongkah batu yang nampak senang di bawahnya, mereka dikelilingi hewan-hewan dan anak-anak yang sedang piknik. Ini adalah sebuah buku terjemahan dari buku aslinya yang berjudul "Tomodachi Fuyaso" karangan Machiko Kumagai. Buku ini diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia oleh Amenotoki dan diterbitkan oleh PT Gramedia Pustaka Utama pada tahun 2016. Buku ini cukup tipis, hanya 24 halaman saja. Ilustrasinya dibuat pada tiap dua halaman, dengan gambar yang indah, ekspresif dan kombinasi warna yang cantik. Menurut keterangan pada buku, baik cerita maupun gambar dibuat sendiri oleh sang pengarang.




Dikisahkan bahwa di atas sebuah bukit, ada sebongkah batu besar yang kesepian. Meskipun banyak hewan yang bermain di puncak bukit tapi tidak satupun yang mau bermain dengannya. Hingga pada suatu hari sebutir biji merah jatuh di dekatnya. Batu sangat menyayangi biji ini, ia melindunginya dari panas, angin kencang dan hujan. Biji merah yang telah tumbuh menjadi sebatang pohon dan batu besar itu menjadi teman baik.


Ketika si pohon mulai besar, burung-burung beristirahat di dahannya, juga di atas batu. Ketika hujan turun, hewan-hewan berteduh di bawah pohon itu sambil duduk di atas batu. Ketika tahun-tahun berlalu dan si pohon makin besar, puncak bukit menjadi makin ramai di musim semi. Batu dan pohon menjadi sangat bahagia, sekarang mereka punya banyak teman dan tidak kesepian lagi.


Buku menggambarkan bagaimana kehadiran (seorang) teman bisa mengubah keadaan. Seperti tokoh Batu, yang tadinya kesepian dan bosan menjadi lebih ceria sejak kehadiran si biji merah, apalagi setelah mereka dikunjungi oleh hewan-hewan dan anak-anak. Gambar-gambar yang disajikan juga sangat mendukung ceritanya. Ekspresi wajah si Batu yang bosan, kaget, cemas dan gembira, sangat menggemaskan. 




Buku ini layak dikoleksi untuk penambah bacaan anak atau dibacakan untuk anak-anak usia dini. Menemani si bocah sambil membacakan buku ini dan mengamati gambarnya, akan jadi saat-saat yang menyenangkan. Selain membacakan teksnya, orang tua bisa mengenalkan beraneka nama hewan yang ada pada gambar, menyebutkan warna-warna, juga mengenali berbagai ekspresi wajah yang ditampilkan si Batu dan temannya. Selamat Membaca!.

2 comments:

Catatan Delia

PERANGKAP HEBAT SOMA

Saya sedang berusaha merapikan koleksi buku bacaan anak yang saya bawa dari rumah Bandar Lampung ke rumah Cinta Manis. Tadinya buku-buku i...