Menulis mengikat pengetahuan, mengabadikan kenangan, membagi kebahagiaan

Tuesday, October 27, 2020

Hari Blogger Nasional



Hari ini 27 Oktober 2020, diperingati sebagai Hari Blogger Nasional di Indonesia. Sebagai blogger pemula saya ikut senang, ternyata para blogger di Indonesia diakui eksistensinya. Saya mulai mengenal blog sekitar tahun 2000an, waktu itu saya kira blog hanya semacam catatan harian pribadi yang diunggah ke internet, mungkin ini terjadi karena beberapa blog yang sempat saya kunjungi isinya berupa catatan-catatan pribadi layaknya buku diary.


Pada tahun 2011, saya mencoba membuat sebuah blog. Saat itu saya bermaksud mengabadikan kegiatan harian keluarga kami. Minimnya ilmu dan inkonsistensi membuat blog itu terbengkalai, saya akhirnya hanya menjadi pembaca saja. Beberapa catatan kejadian yang menurut saya penting, saya tulis secara manual dan sebagian tertulis sebagai status di media sosial Facebook.

Beberapa tahun belakangan ini, saya menemukan bahwa blog telah berkembang demikian rupa. Hampir semua tema yang kita cari di internet, ternyata ada blognya. Mulai dari memasak, travelling, review makanan, berkebun, menjahit, komputer, drama korea, Craft dan lain-lain. Saya jadi berpikir sepertinya blog lebih enak untuk menulis daripada media sosial lain. Secara kebetulan sekitar 2 bulan yang lalu, saya membaca sebuah iklan tentang kelas menulis dan ngeblog. Sebelumnya saya sudah pernah beberapa kali ikut kelas menulis online, tapi belum pernah ikut kelas blog, saya pun mendaftar ikut kelas itu.

Singkat cerita, saya membuat blog baru, selanjutnya membuat tulisan untuk mengisinya. Beberapa tulisan yang sempat saya buat di Facebook dan menurut saya cukup bagus, saya masukkan ke blog. Materi yang saya dapat selama pelatihan sangat berguna bagi saya, yang belajar membuat blog dari nol. Selama dua bulan, blog saya mendapat sekitar 600an viewer, beberapa tulisan saya bahkan ada yang 0 (nol) pembaca. Tapi bagi saya tidak mengapa, karena saat ini saya menulis untuk bersenang-senang. Lagipula harus diakui saya terlambat belajar, saat ini usia saya sudah 40 tahun dan baru belajar ngeblog dengan sungguh-sungguh 😁.

Kadang-kadang saya mengalami kebingungan, tentang konten apa yang mau saya unggah, sehingga isi blog jadi campur-campur seperti Capcay. Meskipun begitu saya tetap ingin suatu saat blog saya akan jadi blog yang bagus, bermanfaat, menebar kebaikan, banyak pengunjung dan menjadi rujukan bagi yang membutuhkan, lebih jauh lagi semoga bisa jadi amal jariyah buat saya.
Akhirnya pada hari ini selasa, 27 Oktober 2020 saya ucapkan "Selamat Hari Blogger Nasional" untuk semua blogger Indonesia di manapun berada. Mari berkarya dan menebar manfaat melalui blog kita.

Tanjung Senang 27 Oktober 2020, Sambil rebahan di samping Baby Ghazu.



4 comments:

  1. Makasih mbak, Tetap semangat ya! 😊

    ReplyDelete
  2. Selamat hari blogger nasional mbak delia ^^
    Saya malahan baru mulai nge blog tahun ini he33, bener2 newbie ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tetap semangat ya mbak!. Sama dong, udah kayak ngisi bensin aja kita, mulai dari nol 😊😍

      Delete

Catatan Delia

PERANGKAP HEBAT SOMA

Saya sedang berusaha merapikan koleksi buku bacaan anak yang saya bawa dari rumah Bandar Lampung ke rumah Cinta Manis. Tadinya buku-buku i...