Menulis mengikat pengetahuan, mengabadikan kenangan, membagi kebahagiaan

Wednesday, December 16, 2020

MEMBUAT PLANTER BAG DARI KARUNG BEKAS


Keluarga kami biasa membeli beras satu atau dua kali dalam sebulan, kemasan 10 kg atau 5 kg.  Berasnya saya letakkan dalam sebuah wadah, sedangkan karungnya disimpan.  Ada saja kegunaan dari karung bekas ini, tapi yang paling sering adalah sebagai wadah barang di gudang atau untuk membuang sampah.  Biasanya petugas kebersihan  hanya akan mengangkut sampahnya saja dan mengembalikan karung ke bak sampah di depan rumah.   Setelah Pak Suami dan anak-anak mulai menekuni hobi bercocok tanam, kami pun mulai memanfaatkan apa saja sebagai wadah tanaman, termasuk barang-barang bekas seperti ; botol  air minum, gelas thai tea, ember  dan kaleng cat, perkakas dapur yang tidak terpakai lagi dan karung.

Karung bekas kemasan beras biasanya tebal dan agak kaku, kalau diperhatikan motifnya juga bagus dan warna-warni.  Saya mencoba membuat planter bag dari karung beras kemasan 10 kg dan 5 kg.  Caranya mudah sekali, hanya sedikit menjahit pada bagian bawah dan bagian atas dari karung.  Mari kita mulai!.

 

 

Pertama, siapkan karung yang akan dipakai, lalu balik sehingga bagian dalam menjadi bagian luar.



Rapikan karung, lalu lipat sedemikian hingga bagian ujung-ujungnya membentuk lipatan seperti segitiga, beri garis penanda dengan spidol permanen.

Jahitlah pada bagian yang diberi  tanda garis, penjahitan pada bagian bawah ini berfungsi membentuk alas, sehingga nanti ketika diisi media tanam, planter bag bisa berdiri tegak.



Ini adalah penampakan karung setelah bagian bawahnya dijahit.


Masih dalam posisi terbalik, tarik bagian atas karung ke bawah sampai pada bagian bawah karung yang dijahit, dengan demikian sekarang tinggi karung hanya 1/2 dari tinggi semula.  Sampai di sini posisi karung masih terbalik, lipatan yang dijahit pada bagian  bawah masih terlihat dari luar sebagai mana terlihat pada gambar di sebelah kanan.

 





Sekarang, balik karung  sekali lagi, sehingga bagian bawah dengan lipatan terjahit menjadi bagian dalam karung,rapikan, bentuk planter bag sudah mulai kelihatan.





Jahit tindas bagian atas planter bag supaya rapi, jika planter bag akan sering dipindahkan sebaiknya memberi handle tambahan di kedua sisinya

Planter bag dari karung bekas, siap digunakan. Semakin besar ukuran karung semakin besar juga planter bag yang dihasilkan dan sebaliknya


Saya menggunakan planter bag dari karung beras kemasan 10 kg untuk menanam serai. Sebelumnya, serai yang  saya beli dari tukang sayur keliling ini, sudah direndam dalam air biasa selama sepekan dan sudah mengeluarkan akar.


Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment

Catatan Delia

PERANGKAP HEBAT SOMA

Saya sedang berusaha merapikan koleksi buku bacaan anak yang saya bawa dari rumah Bandar Lampung ke rumah Cinta Manis. Tadinya buku-buku i...