Menulis mengikat pengetahuan, mengabadikan kenangan, membagi kebahagiaan

Saturday, November 7, 2020

TUING-TUING SI IKAN TERBANG

 











Ini adalah salah satu buku koleksi Taman Baca Beniso, yang berasal dari donasi. Sebuah buku cerita bergambar dengan ilustrasi kehidupan ikan tuing-tuing yang indah dengan warna-warni cerah dan informatif. Penulis buku ini adalah Dian Onasis, sedangkan ilustrasinya dikerjakan oleh Vannia Rizky, dicetak pada kertas art paper glossy yang tebal, diterbitkan pertama kali pada tahun 2018 oleh penerbit Puspa Swara. Sebagaimana umumnya buku cerita bergambar untuk anak, buku ini juga tidak banyak jumlah halamannya, hanya dua puluh empat halaman saja.

Buku ini mengisahkan perjalanan ikan tuing-tuing sejak dari berbentuk telur sampai dewasa. Salah satu keistimewaan yang dimiliki ikan tuing-tuing adalah kemapuannya untuk terbang, keluar dari dalam air, sehingga ia dikenal juga sebagai ikan terbang. Kemampuan terbangnya dapat mencapai 100m dalam waktu 10 detik. Dengan waktu selama itu, ikan ini bisa menghindar dari pemangsa yang mencoba memakannya di dalam air. Ikan tuing-tuing banyak terdapat di perairan Sulawesi, dan ditemukan juga di sekitar pulau seram, Flores, hingga Papua. Olahan ikan-ikan tuing-tuing di antaranya adalah ikan asin, ikan asap dan ada juga telur ikan kering.

Salah satu kekhasan buku cerita bergambar adalah selain teks, gambarnya juga bisa bercerita. Gambar- gambar pada buku ini, dengan jelas menceritakan daur hidup ikan tuing-tuing, lengkap dengan perilaku, habitat, dan sebaran lokasi ditemukannya. Diceritakan bagaimana ikan yang masih kecil mulai mencari makan, jenis-jenis makanannya, menggunakan kemampuannya untuk terbang, menghindari pemangsa dan berkembang biak. Semuanya dalam bentuk gambar yang indah dan menarik bagi anak-anak. Barangkali karena buku ini berlatar belakang kehidupan di laut, maka nuansa warna biru mendominasi pada gambar-gambarnya.

Membacakan buku Tuing-Tuing Si Ikan Terbang, tidak hanya menjadikannya dongeng pengantar tidur, tetapi juga sebagai sarana mengenalkan salah satu bahan pangan bergizi khas dari Indonesia tepatnya daerah Sulawesi. Juga sebagai sarana menanamkan kesadaran untuk menjaga kelestarian laut Indonesia, agar Ikan tuing-tuing dan ikan-ikan lainnya juga dapat terus lestari. Buku ini juga membuka pengetahuan bahwa ikan terbang benar-benar ada, dan punya nama yang terdengar sangat imut, ikan tuing-tuing.

8 comments:

  1. Ini ikan Indosiar itu bukan ya, Mbak? Baru tau kalau namanya ikan Tuing-tuing. Saya juga suka baca buku anak, selain untuk anak, untuk saya sendiri. Memberi pengetahuan dengan cara mudah dan menghibur.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak ada juga yang nyebut ikan Indosiar 😁. Buku anak juga sekarang bagus-bagus banget ilustrasinya, dari ilustrasinya itu anak-anak jadi lebih tertarik dan bisa jadi bahan diskusi dengan mereka. Makasih ya udah mampir ke sini 😚

      Delete
  2. Jadi ingat dulu, jaman masih nonton TV. Ikan ini tiap hari terbang di depan penglihatanku hihihi. Informasi bukunya cakep Kak Delia 💓

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama dong, aku bahkan tahu ada ikan bisa terbang ya gara-gara ikon TV itu. Makasih ya udah ke sini 😍

      Delete
  3. Salam kenal wahai Ibu yang jernih menuturkan reviewnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga mbak Intan, makasih sudah mampir ke sini 😊

      Delete
  4. Wah baru tau aku namanya ikan tuing tuing 😁 trims infonya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pun baru tahu setelah membaca buku ini, tahunya dulu ikan Indo***r 😂

      Delete

Catatan Delia

PERANGKAP HEBAT SOMA

Saya sedang berusaha merapikan koleksi buku bacaan anak yang saya bawa dari rumah Bandar Lampung ke rumah Cinta Manis. Tadinya buku-buku i...