Menulis mengikat pengetahuan, mengabadikan kenangan, membagi kebahagiaan

Friday, March 5, 2021

GOOD NIGHT SLEEPY CATERPILLAR

Judul buku : Good Night Sleepy Caterpillar 

Pengarang : Patricia Hegarty

Ilustrator : Thomas Elliot

Penerbit : Caterpillar Books

Tahun Terbit: 2018

Bahasa : Inggris

Tebal : 20 Halaman

Jenis buku : Buku bergambar (Picture Book)

Di antara semua jenis serangga barangkali Kupu-kupu adalah jenis yang paling sering dijadikan tokoh dalam sebuah cerita. Bukan hanya karena wujudnya yang indah dengan sayap warna-warni memesona tapi kupu-kupu juga melalui beberapa tahapan proses perubahan bentuk sejak menetas dari telur hingga menjadi serangga dewasa. Buku Good Night Sleepy Caterpillar ini juga menceritakan bagaimana proses perubahan wujud yang lazim disebut metamorfosis terjadi pada ulat sehingga berubah menjadi kupu-kupu.

Saya mendapatkan buku ini secara online di salah satu akun facebook, jujur saja bukunya melebihi ekspektasi saya. Sebagai buku bergambar untuk anak-anak, proses metamorfosis si ulat menjadi kupu-kupu diceritakan dengan sangat halus dan bahasa yang mudah difahami oleh anak. Beberapa karakter binatang lain juga dimunculkan dalam cerita sebagai bagian dari penggambaran kehidupan sehari-hari si ulat, masing-masing karakter binatang lain itu diceritakan juga aktivitasnya.



Ketika sampai pada bagian ulat bangun dari tidur lamanya dan berubah menjadi kupu-kupu, anak saya yang berumur 5 tahun bertanya apakah jika kupu-kupu tidur maka dia akan bangun sebagai ulat?, anak saya itu juga kaget ketika saya katakan padanya meskipun telah menjadi kupu-kupu kelak ketika telur kupu-kupu menetas maka anak-anaknya akan berwujud ulat bukan kupu-kupu kecil. Dari sini saya mulai menjelaskan padanya bahwa metamorfosis adalah perubahan satu arah, selesai pada tahap ketika ulat sudah menjadi kupu-kupu.



Menurut saya buku ini sangat cocok untuk dijadikan buku read aloud untuk anak sebagai buku pengetahuan tentang serangga juga sebagai buku cerita pengantar tidur. Gambar-gambar yang menarik dengan gaya khas kekanakan sangat mendukung narasi ceritanya. Tokoh ulat juga diceritakan sebagai "anak" yang ramah dan sopan ketika bertemu dengan binatang lain. Ketika selesai membaca buku ini, baik saya maupun anak-anak saya sepakat bahwa rasanya seperti ada semacam perasaan ikut bahagia, sebahagia si ulat yang sudah berubah menjadi kupu-kupu.


4 comments:

  1. Dulu aku suka banget dongengi anakku tentang caterpillar. Karena caterpillar tuh suka makan, setelah makan dia jadi kupu2 yg indah dipandang dan bisa terbang tinggi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul,caterpillar itu beruntung banget. Anak-anakku juga jadi nggak takut ulat karena sering baca ceritanya 😁

      Delete

Catatan Delia

PERANGKAP HEBAT SOMA

Saya sedang berusaha merapikan koleksi buku bacaan anak yang saya bawa dari rumah Bandar Lampung ke rumah Cinta Manis. Tadinya buku-buku i...